Jasa Arsitek

Bagaimana Griyaditya menentukan harga desain bangunan?

Ada diluar sana berbagai macam jasa desain rumah dengan masing-masing biaya yang mereka tawarkan. Disini kami menawarkan harga desain kami berdasarkan atas profesional tim dari karya Desainer Arsitek kami, dari cakupan output/kelengkapan desain kami, dari nilai seni dan kerumitan dari desain itu sendiri, masing-masing rumah/bangunan terdapat kesluitan/kerumitan yang berbeda-beda

Kesulitan dan kerumitan dari sebuah bangunan

Tingkat kesulitan dan kerumitan dari suatu bangunan bisa dilihat dari banyak aspek, itu yang membuat harga seni Arsitek Mahal. Sebenarnya disini tidak Mahal, Anda bisa mengeluarkan banyak anggaran untuk membangun suatu bangunan tapi tidak mementingkan desain dari suatu bangunan adalah hal yang sangat disesalkan. Bangunan yang terdesain bagus dan gagah/megah bisa menaikkan harga jual dan prestige untuk anda, dan rumah adalah investasi jangka panjang bahkan seumur hidup untuk anda huni. Dari banyaknya kebutuhan ruang, jenis style yang rumit, kontur lahan yang tidak datar/pegunungan, dan hal lain yang membuat desain itu tidak semudah yang kita pikirkan. Perbedaan tingkat kesulitan dan kerumitan ini yang menyebabkan perbedaan biaya desain rumah.

Tim Ahli Yang Dilibatkan

Tim ahli untuk membangun sebuah bangunan :

  • Arsitek adalah Ahli Teknis yang bertugas dalam mengkoordinasikan semua proses perencanaan, mulai dari meminta data ukuran, pemberian ide, pembuatan konsep layout, pembuatan konsep 3D, serta segala bentuk aspek tarkait pengaturan tata ruang dan estetika bangunan.
  • Analis Struktur adalah Ahli sipil yang spesifik dalam menganalisa dan menentukan struktur apa yang boleh digunakan dalam suatu desain bangunan setelah mendapatkan data sondir lahan. Jasa Desain Rumah yang baik akan menyediakan gambar struktur yang tidak terpisah dari gambar arsitektur agar gambar desain rumah dapat diterapkan sesuai standar keamanan bangunan.
  • Analis MEP adalah Ahli MEP yang spesifik dalam menganalisa dan menentukan instalasi mekanikal, elektrikal, dan pemipaan apa yang cocok digunakan dalam suatu desain bangunan. Jasa Desain Rumah yang baik akan menyediakan gambar MEP standar hunian yang tidak terpisah dari gambar arsitektur.
  • Drafter adalah Ahli gambar teknis atau gambar kerja yang mendetail. Gambar yang dibuat oleh Drafter didasarkan pada gambar konsep 2D & 3D yang dibuat oleh Arsitek
  • Quantity Surveyor (QS) adalah Ahli Sipil yang spesifik dalam menganalisa dan menghitung volume serta estimasi biaya pembangunan sesuai material dan volume bahan bangunan yang diperlukan.
  • Interior Designer adalah Ahli rancang desain interior ruangan sesuai ukuran dan bentuk ruang yang telah didesainkan oleh Arsitek.
  • Construction Supervisor / Jasa Pengawas adalah Ahli Sipil/Arsitek/MEP yang spesifik dalam melakukan pengawasan kontruksi mulai dari bowplank (penentuan titik bidang kerja) sampai finishing bangunan.
  • Jasa Kontruksi Bangunan adalah jasa yang melayani keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan pelaksanaan yang mencakup pekerjaan penerapan dari desain arsitektural, sipil, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan beserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan.

Dengan banyaknya orang/ahli yang terlibat akan membuat bangunan anda lebih indah, safety dan nyaman. Hal ini yang membuat penentuan biaya jasa desain rumah sangat variatif, semakin banyak ahli yang dilibatkan, semakin tinggi biayanya. Pastikan Anda booking order lebih awal sebelum ada kenaikan biaya.

Kelengkapan desain yang didapatkan  :

Kelengkapan desain yang didapatkan bisa dilihat di sini

Prosedur Pembayaran :

  • TAHAP PERTAMA
    1. Konsultasi awal (konsultasi mengenai jasa arsitek). Klien memberikan data-data yang diperlukan (via Form  Pemesanan atau email ke griyaditya@gmail.com) atau Whatsapp berupa:
      1. Lokasi Lahan yang akan dibangun
      2. Ukuran/dimensi tanah (scan/softcopy/soft file Hasil ukur lahan)
      3. GSB Bangunan (batas-batas lahan yang boleh dibangun)
      4. Gaya desain atau Style Rumah yang disukai
      5. Rencana budget pembangunan
      6. Rincian Kebutuhan ruang serinci mungkin.

      Kami merekomendasikan untuk memberikan informasi batasan budget bangunan agar kami tidak membuat desain yang berlebihan atau justru kurang maksimal. Semakin jelas klien memberikan deskripsi, semakin mudah bagi kami untuk memahami keinginan klien.

    2. Pengajuan Biaya Desain via Email atau Whatsapp dan harga masih negoitable. Kami akan memberikan penawaran berdasarkan perkiraan luasan bangunan yang sekiranya diperlukan berdasarkan keinginan klien. Kami akan mengirimkan pengajuan biaya desain yang di dalamnya mencakup biaya desain, tahapan pembayaran, item atau layanan yang termasuk, dll.
    3. Pembayaran Tahap I / DP sebesar 30%. Jika Klien menyetujui penawaran, maka klien akan membayar DP 30% dari total biaya Desain ke rekening atas nama Albertus Raditya Himawan selaku pimpinan Griyaditya Architecture.
    4. Start Konsep Denah. Konsultasi lanjutan dimulai (konsultasi mengenai konsep denah) dan pembuatan konsep denah menggunakan software AutoCad. Tahap ini sangatlah penting, denah adalah sebuah konsep yang paling penting dalam suatu desain bangunan karena denah inilah yang akan dijadikan acuan utama untuk membuat 3D dan Gambar Teknis. Khusus pada tahap ini, Revisi denah dipersilakan dan tidak dibatasi. Setelah konsep denah disetujui, selanjutnya adalah pembuatan 3D Model (masuk ke tahap 2).
  • TAHAP KEDUA

Klien melakukan Pembayaran tahap II sebesar 50% dari total biaya desain untuk pembuatan:

1. Gambar Model tiga dimensi (3D) versi 3D Sketch Up. 3D Modeling bangunan menentukan ketinggian bangunan, bentuk bangunan, serta style bangunan.
2. Gambar Render 3D Exterior, dimana klien akan dibuatkan 3 view dalam format ukuran jpeg kecil,  bangunan untuk mempresentasikan tampilan bangunan dan suasana exterior bangunan.

  • TAHAP KETIGA

Klien melakukan Pembayaran Tahap III / Pelunasan sebesar 20% dari total biaya desain untuk pembuatan:

    1. Gambar Modeling & Visual Interior setiap ruangan, dimana klien akan dibuatkan 3 view / room interior (jika menginginkan paket interior) dalam format ukuran jpeg kecil untuk mempresentasikan tampilan interior, posisi furniture, dan suasana pencahayaan ruangan.
    2. Gambar Visual Render Halus (Visual Final):
      1. Exterior format HD 
      2. Interior format HD 
    3. Gambar kerja / Gambar Teknis yang diperlukan oleh tim pelaksana / kontraktor / pemborong sebagai acuan dalam proses pembangunan :
      1. Gambar teknis Arsitektur
      2. Gambar teknis Struktur (Pondasi, Pembesian dll)
      3. Gambar teknis MEP (Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing).
    4. Penyerahan File final yang akan diberikan adalah:
      1. 1 Jilid Print Out A3 Gambar Teknis / Gambar Kerja.
      2. 1 CD/DVD dengan softcopy dari semua file yang disepakati.

      Pada tahap ini tidak diperkenankan lagi revisi. Jika semua file sesuai penawaran sudah diterima oleh Klien maka tahap Desain dinyatakan telah selesai dan Klien siap melakukan tender atau menggunakan jasa kontraktor sesuai pilihan.

bangun rumah impian anda bersama kami

Kami selalu berikan desain dan bangunan yang terbaik untuk anda