Berapa Harga Desain Interior Rumah ?

Harga Desain Interior Rumah

Kalimat ini biasanya banyak ditanyakan oleh semua orang yang ingin merenovasi atau membangun tempat tinggal baru.

Desain interior atau jasa desain interior menjadi salah satu komponen utama dalam menciptakan hunian idaman yang nyaman.

Hunian yang nyaman tentu memiliki nilai emosional tinggi. Karena kenyamanan dalam hunian dapat menciptakan suasana di dalam rumah menjadi lebih hangat dan penuh dengan sentuhan sisi personal.

Tapi, biasanya hal yang terlintas dan menjadi pikiran atau masalahnya adalah soal biayanya.

Contohnya seperti, berapa biaya desain interior rumah? Berapa biaya jasa desain arsitek? Dsb

Faktor yang Mempengaruhi Harga Desain Interior Rumah

Nah, ada faktor-faktor yang mempengaruhi biaya desain interior rumah, seperti luas lahan, kerumitan desain, sertifikasi, bahan atau material ruang, furniture, dsb.

Nah apa saja hal yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya biaya desain interior ? berikut ulasannya 

Biaya desain interior rumah ditentukan dari bahan baku atau material dan furnitur

Desain interior saling terkait dengan komposisi ruang dan penataan furnitur yang ada di dalamnya.

Dengan mengetahui macam-macam bahan baku dalam desain interior rumah minimalis, maka Anda dapat lebih mudah memilih bahan baku yang tepat untuk desain rumah minimalis Anda.

Contoh bahan baku atau material yang banyak digunakan dalam mendesain interior rumah adalah :

Kayu Solid 

Merupakan struktur kayu padat yang dipotong dari papan kayu yang lebih besar. Dari segi keawetan dan kualitas, bahan baku kayu solid ini adalah asalah satu yang memiliki kualitas tinggi contohnya : kayu jati, kayu pinus, kayu sungkai, dan kayu mindi.

Plywood

Plywood merupakan gabungan daru lembaran kayu tipis yang direkatkan dengan lem khusus menggunakan teknik press bertekanan tinggi.

Menggunakan plywood akan menjamin efektifitas pengerjaan dan harga yang lebih terjangkau.

Veneer

Veneer merupakan lembaran kayu yang diiris dari  bongkahan kayu yang lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan unsur kay dengan harga yang terjangkau. Nah veneer ini memiliki bahan yang terbuat dari kayu jati, kayu sungkai, kayu mindi, dan kayu oak.

Biaya desain interior rumah ditentukan dari tipe desain ruangan

Nah kalau kita tadi telah membahas bahan atau material yang mempengaruhi biaya desain interior, kali ini adalah tipe desain ruangan.

Tipe desain ruangan memiliki referensi tipe desain interior yang berbeda. Beberapa tipe desain interior yang banyak digunakan di Indonesia adalah :

Desain Interior tipe Basic

Yaitu jenis desain interior yang tampilannya atau konsepnya tidak memiliki ciri khas tertentu dan seperti pada umumnya. Desain ini berfokus menonjolkan sisi fungsionalitas sebuah ruangan dan perabotannya untuk penghuninya.

Desain interior tipe minimalis

Yaitu desain interior yang memaksimalkan estetika dalam sebuah kesederhanaan. Walaupun dari bahan baku bisa di katakan tidak murah, tapi desain ini justru menjadi tren karena terlihat lebih menarik

Desain interior tipe industrial 

Yaitu desain interior yang memiliki ciri khas setengah jadi. Contohnya dari semen serta nuangsa yang masih lama tapi justru tampak lebih menarik.

Desain interior tipe klasik 

Ciri khas pada bangunannya memilki banyak pilar, ornamen, atau aksesoris yang klasik namun terkesan megah. Selain itu ukuran bangunan juga biasanya lebih besar daripada fungsinya.

Harga Desain Interior Rumah

Nah sekarang mari kita ketahui berapa biaya tarif yang umum di terapkan dalam desain interior, sebagai berikut :

1.Harga desain interior per meter persegi

Perhitungan ini berdasarkan per meter persedi dari luas ruangan. Biaya yang dibebankan untuk jasa desain interiornya dimulai dari harga Rp 250.000 per meter perseginya.

2.Harga desain interior berdasarkan persentase

Penetapan biaya desain interior rumah dengan cara menghitung sekian persen dari total biaya produksi atau desainnya. Secara umum, biaya desain interior bertarif dari kurang 10% sekitar 3% hingga 75% dari nilai project. Akan tetapi, semakin luas lahan yang didesain maka persentase untuk perhitungan biaya bisa semakin kecil

3.Harga desain interior berdasarkan gambar per view

Cara perhitungannya berdasarkan gambar jadi atau per sudut. Jadi semakin kompleks desain yang dibuat, alhasil biaya desain interior rumah akan semakin mahal. Biayanya dimulai dari Rp 750.000 per viewnya.

Kesimpulan :

Dengan berbagai variasi perhitungan biaya desain interior tsb, menjadi cara solutif untuk Anda dalam mengetahui biaya desain interior untuk rumah Anda.

Selain itu, pastikan Anda memilih jasa desain interior atau jasa desain arsitek yang memiliki pilihan penawaran.

Misalnya jika Anda ingin membangun rumah  di daerah bantul, yogyakarta. Anda bisa mencari informasi di pencarian seperti Jasa Desain Arsitek Terdekat di Bantul.

Karena agar bertujuan agar dapat memberikan pilihan informasi jasa penyedia layanan arsitek di daerah tsb yang bisa sesuai dengan keinginan Anda.

info dari arsitag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *